mewarnai bola 1 7

Kali ini kita akan belajar mewarnai gambar sebuah bola dengan pensil warna. Kamu boleh juga menggunakan krayon. Bagaimana bentuk bola itu? Ya, benar. Bentuknya bulat. Lihat gambar bola di atas. Bolanya kelihatan tampak bulat, bukan? Nah, kita akan belajar mewarnai gambar bola di bawah ini supaya bolanya kelihatan bulat.Bagaimana caranya?

Pertama kita cari dulu gambar bola yang masih berwarna hitam putih alias belum diwarnai, seperti di bawah ini.

mewarnai bola 1 1

Warnai bola dengan warna dasar. Untuk contoh di sini, kita akan memakai warna kuning. Ambil pensil warna kuning, lalu goreskan pada seluruh permukaan bola yang berwarna putih secara tipis-tipis dulu. Maksudnya, jangan tebal-tebal.

mewarnai bola 1 2

Kemudian, masih memakai pensil warna kuning yang tadi, goreskan pinsil warna secara lebih tebal di area tengah bola. Perhatikan dan lihat contohnya di bawah ini. Jangan goreskan di semua bidang bola.

mewarnai bola 1 3

Kemudian, goreskan lagi secara lebih tebal di bagian pinggir bola yang melingkar. Jika warna kuningnya kurang gelap, kamu bisa memakai warna kuning lebih tua, atau gunakan warna abu-abu, goreskan secara tipis dan perlahan-lahan.

mewarnai bola 1 5

Ulangi lagi cara tersebut di atas, dengan goresan yang lebih tebal, terutama di bagian pinggir bola, sehingga warnanya menjadi lebih gelap. Kamu bisa gunakan warna abu-abu secara lebih tebal. Atau, gunakan warna hitam, goreskan pada bagian pinggir bolanya, sehingga tampak seperti gambar di bawah ini.

mewarnai bola 1 6

Nah, sekarang, ambil warna putih. Goreskan di bagian tengah agak ke atas. Tujuannya adalah memberikan kesan terang karena terkena sinar. Perhatikan gambar di bawah ini, bagaimana cara menempatkan warna agak putih tersebut.

mewarnai bola 1 7

Nah, selesailah proses mewarnai gambar bola dengan pensil warna. Perhatikan gambar yang telah kamu warnai. Bolanya kelihatan bulat, bukan?

Sekarang, kamu tinggal memberi warna latar belakangnya. Misalnya dengan warna rumput, yaitu hijau, seperti contoh gambar paling atas. Jangan lupa goreskan warna hijau tua di bawah bola, agar nampak seperti bayangan bola pada rumput.

Mudah ya? Selamat mencoba.